Kontingen Sumut Tambah Satu Emas dari Cabor Panahan di Popnas 2019

kontingen sumut tambah emas popnas

Topmetro.News – Kontingen Sumut (Sumatera Utara) sukses menambah satu medali emas, dan empat perunggu. Pada Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2019 di Jakarta, pada Jumat (22/11/2019) sore. Satu medali emas didapat dari cabang olahraga panahan, diperoleh melalui M Hafizh Rayhan. Usai menaklukkan atlet Jambi Taufik Hanan di final dengan skor 6-4.

Sementara itu, empat medali perunggu di dapat dari cabor bulutangkis, di nomor ganda campuran dan ganda putra, atletik di nomor lari 2000m SC atas nama Bagas Pandapotan, dan Judo di nomor -48 kg perorangan putri, atas nama atas nama Enjeline. Dengan tambahan satu emas dan empat perunggu ini, Sumut berada di posisi ketujuh. Sumut sejauh ini total mengoleksi tujuh emas, tiga perak, dan sembilan perunggu.

Atas raihan medali itu, Kadisporasu, H Baharuddin Siagian didampingi Sekdispora, Rudi Rinaldi. S.Sos mengapresiasi prestasi para atlet panahan Sumut. Diakui, perolehan medali dengan 7 emas hingga hari keenam, telah melampaui Popnas 2017 di Jateng, yang menempati peringkat 11, dengan empat emas. “Perolehan medali Kontingen Sumut hingga hari keenam cukup bagus. Harapan kita bisa dipertahankan. Bahkan jika mungkin ditingkatkan, kita mohon doanya dari semua terutama masyarakat Sumut,” kata Baharuddin Siagian.

Sementara itu, menanggapi keberhasilan panahan, seusai didaulat melakukan pengalungan medali, Baharuddin mengaku surprise dengan prestasi panahan. Hal ini hendaknya menjadi dasar, agar pembinaan olahraga terukur bisa lebih diprioritaskan ke depannya. Sedangkan olahraga tidak terukur, menurutnya tetap diperhatikan. “Hanya berdasarkan pengalaman olahraga tak terukur ini, banyak kali indikasi “main-mainnya”. Dan hal ini bisa jadi masalah bagi kita nantinya,” tambahnya.

Sekdisporasu, Rudi Rinaldi, S.Sos yang juga Wakil Ketua Umum Pengprov Perpani Sumut ini, ikut gembira. Sebab menurutnya, emas ini membuktikan panahan memang bisa berprestasi, buktinya selain emas Popnas, Muhammad Hafizh Rayhan, juga lolos PON Papua.

Medali emas Sumut, diprediksi masih bisa bertambah, pencak silat, judo masih bertanding. “Masih ada peluang, termasuk tambahan emas,” kata Rudi lagi. Kontingen Sumut kembali turun dalam nomor beregu putra hari, termasuk M Hafizh Rayham yang akan menjadi pulang punggung. “Pemanah Sumut sudah cukup pengalaman, dan kemarin jadi andalan kita di Pra PON,” ungkap Rahmad.

perak atletik
Teks Foto: Kontingen Sumut, sehari sebelumnya menambah medali perak didapat lewat nomor lari 1500 meter melalui Halimahtusakdiah. (Foto:IST)

Sebelumnya Sumut Tambah Perak Popnas

Pada sehari sebelumnya, Kontingen Sumatera Utara menambah medali perak dari cabang olahraga atletik pada Pekan Olahraha Pelajar Nasional (Popnas) 2019 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, pada Kamis (21/11/2019).

Medali perak didapat lewat nomor lari 1500 meter melalui Halimahtusakdiah, dengan waktu 4 menit 53 detik. Sementara untuk emas diraih pelari asal Jogjakarta, dengan catatan waktu 4 menit 39 detik. Selanjutnyaementara perunggu didapat atlet Sumbar atas nama Gifty Virgio, dengan waktu 4 menit 59 detik.

Dengan raihan ini, atletik sudah mengoleksi dua emas dan dua perak. Sebelumnya, emas sukses didapat Nella Agustin di nomor sprint 400 meter, dan Rizkan Mas Siregar pelari 5.000m. Sementara dua perak disabet Halimahtussakdiah, nomor lari 800 meter dan 1500 meter.(TMN-YOFE

Related posts

Leave a Comment